Sifat dan Karakter Orang Nias yang Wajib Anda Tahu

Sifat dan Karakter Orang Nias
Sifat dan Karakter Orang Nias

Setiap etnis tentu memiliki sifat dan karakter yang berbeda-beda, begitu halnya dengan orang Nias. Suku Nias merupakan salah satu suku yang cukup familiar dan terkenal di Indonesia. Suku Ini mendiami sebuah pulau kecil yang berada di sebelah barat Sumatera yang dikenal dengan Pulau Nias.

Gugusan pulau-pulau kecil yang termasuk kawasan Pulau Nias merupakan bagian dari otonomi daerah Provinsi Sumatera Utara.

Dalam kesehariannya, penduduk suku Nias berkomunikasi dengan menggunakan bahasa Nias atau dikenal dengan istilah Li Niha.

Bagaimana sifat dan watak orang Nias??

Bagi Anda yang memiliki teman / sahabat / saudara yang berasal dari pulau Nias pasti pernah kepikiran pertanyaan seperti ini. Ya, mungkin dengan mengetahuinya maka Anda tentu bisa menyesuaikan tindakan serta mampu menjaga sikap dan perilaku agar hubungan pertemanan yang sudah terjalin bisa berjalan dengan baik atau bahkan semakin harmonis.

Orang Nias umumnya memiliki ragam perangai tersendiri secara individual. Tetapi yang paling menarik adalah prinsip kerukunan hidup dalam kultur sosialnya yang sangat populer dengan istilah fatalifusõta atau terjemahan Indonesianya yaitu persaudaraan. Dengan tali persaudaraan, mereka menjadi manusia-manusia yang penuh solidaritas dan berpluralitas yang cukup baik.



Sifat dan Karakter Orang Nias

Baiklah kita akan membahas tentang perilaku dan kepribadian orang Nias (suku Nias) melalui penjelasan berikut ini.

Suka Bekerjasama dan Bergotong Royong

Bekerjasama dan bergotong royong dalam menyelesaikan pekerjaan merupakan hal lumrah dan sering dilakukan oleh orang Nias. Bahkan sifat dan karakter Orang Nias ini dilakukan secara turun temurun. Hal ini sesuai dengan peribahasa nias atau amaedola “Aoha noro nilului wahea, aoha noro nilului waoso, alisi tafadaya-daya, hulu tafadaya-daya”.

Sering Menggelar Owasa (Pesta Besar) Terutama Dalam Acara Adat

Pada zaman dahulu owasa tidaklah sembarangan untuk dilaksanakan, kepada setiap orang yang telah melakukan owasa maka berhak mendapatkan gelar sanuhe (Kepala). Namun saat ini orang Nias sering menggelar pesta dengan meriah terutama bila acara tersebut berkaitan dengan adat seperti pesta pernikahan, kematian, kelahiran dan acara-acara ucapan syukur lainnya.

Sangat Menghormati Tamu

Setiap tamu yang datang akan disuguhkan sirih (afo) sebagai wujud penghormatan kepada tamu tersebut. Afo sering kita temui di acara-acara penting adat nias.

Sangat Mempertahankan Harga Diri

Yasonna Laoly

Hal ini dapat dilihat dari peribahasa “Sokhi mate moroi aila” (Lebih baik mati daripada malu). Hal ini dapat diartikan secara postif maupun negatif. Secara positif diartikan masyarakat Nias adalah masyarakat yang berbudaya, bermatabat dan beradab, sehingga lebih baik mati untuk mempertahankan itu dari pada harus menanggung malu. Jika diartikan secara negatif, masyarakat Nias sulit maju, sulit berkembang dikarenakan mempertahankan gengsi dan harga diri.

Suka Berdamai

Perilaku masyarakat yang penuh cinta kasih, rukun dan damai menjadi keseharian masyarakat Nias, ini dibuktikan dari kebiasaan masyarakat Nias yang suka berkumpul dengan keluarga besar.

Penyayang

Suku Nias memiliki sifat penyayang lho! Kalau mereka lagi suka sama seseorang pasti bakal diperlakukan dengan sangat romantis kayak kepalanya dielus-elus dan diajak ngomong gimana romantis-romantis gitu deh.. Dan dia akan memikat perhatianmu. Apalagi bila pacar Anda adalah cowok asal Nias, pasti benar-benar sayang banget sama kamu. Rasa sayangnya akan tampak dalam perhatiannya yang sangat tulus.

Sangat Berkomitmen

Orang Nias itu sangat berkomitmen lho teman-teman. Mereka itu akan menunjukkan komitmennya baik dalam pekerjaan, tingkah laku apalagi bila berkaitan dengan suku dan adat istiadat. Pada dasarnya masyarakat Nias memegang teguh budaya yang dimiliki dan taat aturan.

Baik dan Bertanggungjawab

Suku Nias itu rata-rata orangnya baik dan bertanggungjawab. Yakin deh bila orang Nias itu gak bakal mengecewakan, tidak suka berbohong dan selalu bersikap jujur dan selalu siap bertanggungjawab dalam setiap tugas dan pekerjaan yang diberikan kepadanya.

Sangat Bersahabat / Friendly

Yaa benar, orang Nias itu friendly lho! Sangat bersahabat dalam bersikap, apalagi sama teman / sahabat / saudara. Mereka akan menunjukkan bahwa orang yang dekat dengan mereka adalah seseorang yang wajib dihargai dan tidak melakukan hal-hal yang bisa menyinggung perasaan.

Setia

Anda tahu gak? Orang Nias termasuk orang yang bertipe setia lho! Mereka akan selalu menjaga perasaan wanitanya dan menjaga janji-janji kebersamaan dengan orang tercinta. Selalu menyayangi dan tak pernah berniat untuk selingkuh! Karena mereka memegang teguh prinsip kesetiaan dalam hal hubungan percintaan. Makanya jangan heran bila jarang sekali ada istilah perceraian bagi suku Nias.

Toleransi Tinggi

Kalau masalah toleransi orang Nias gak perlu diragukan lagi. Mereka sangat menghargai antar umat beragama. Buktinya hingga kini gak pernah saling menjelekkan agama lain, walau dipulau Nias sendiri ada banyak agama yang dianut oleh warganya. Semuanya saling merangkul dan hidup rukun.

Peduli Dengan Sesama

Kepedulian terhadap sesama memang kepribadian yang dimiliki oleh setiap orang berdarah Nias. Jiwa kemanusiaan untuk saling menolong dan membantu sesama adalah hal yang timbul secara otomatis bila melihat saudara saudarinya susah dan serba kekurangan. Kepedulian ini bisa kita lihat secara konkrit manakala tetangga ataupun keluarga sedang berduka. Mereka ikut membantu dan bahkan mengorbankan tenaga dan juga materi guna meringankan beban saudara yang sedang mengalami kemalangan.

Itulah beberapa sifat dan perilaku orang Nias yang setidaknya perlu kita ketahui bersama. Semoga bermanfaat.

Posting Komentar untuk "Sifat dan Karakter Orang Nias yang Wajib Anda Tahu"