Batal Tinjau Langsung, Jokowi-Xi Jinping Akan Pantau Uji Dinamis KCJB Via Online

Presiden Jokowi meninjau progres proyek KCIC di Stasiun Tegalluar Kabupaten Bandung

Kereta Cepat Jakarta-Bandung (KCJB) dijadwalkan akan melakukan uji dinamis pada 16 November 2022. Mulanya, uji dinamis itu direncanakan akan dihadiri oleh Presiden Jokowi dan Presiden China, Xi Jinping.

Kedua kepala negara tersebut direncanakan meninjau langsung proyek KCJB dengan menaiki kereta inspeksi. Untuk mempersiapkan kunjungan tersebut, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi telah mengecek kesiapan lokasi, bahkan telah disiapkan kendaraan khusus untuk mengantar dua kepala negara itu.

Kendaraan tersebut berupa Kereta EMU CIT atau Electric Multiple Unit Comprehensive Inspection Train (EMU-CIT) atau kereta inspeksi. Kereta yang didatangkan dari China ini digunakan sebagai pendukung perawatan seluruh gerbong Kereta Cepat Jakarta-Bandung.

Rencana awal, rombongan presiden akan melakukan perjalanan sepanjang 15 km dengan kecepatan sementara dibatasi sampai dengan 80 km/jam dari area Kopo, Bandung hingga Depo Tegalluar, Kabupaten Bandung.

Presiden Jokowi saat pertemuan bilateral dengan Presiden China Xi Jinping di Beijing, Republik Rakyat Tiongkok (RTT), Selasa (26/7/2022)

Tak Jadi Datang, Jokowi-Xi Jinping Pantau Dari Bali

Meski sudah dipersiapkan, Jokowi dan Xi Jinping ternyata batal meninjau langsung uji dinamis kereta cepat. Hal itu dikatakan oleh Dirut Utama PT PT Kereta Api Indonesia (Persero) (KAI) Didiek Hartantyo.

“Uji dinamis ini akan dilakukan pada Tegalluar-Cikoko sepanjang 20 km, yang akan dilakukan secara online yang nanti akan disaksikan 2 presiden yakni Presiden Indonesia Bapak Jokowi dan Presiden China Xi Jinping di Bali secara live,” jelas Didiek dalam rapat dengan Komisi VI DPR, Rabu (9/11).

Pada 29 Oktober lalu, Menteri Koordinator Maritim dan Investasi, Luhut Binsar Pandjaitan juga memberikan pernyataan bahwa kedua kepala negara itu dibatalkan hadir langsung melihat uji dinamis kereta cepat.

"Kalau kereta api cepat saya kira tidak ada masalah. Tanggal 16 november jam 4 sore kira-kira itu akan ada dynamic test, disaksikan Presiden Jokowi dan Xi Jinping zoom dari Bali," kata Luhut saat ditemui dalam acara 'Demi Indonesia Bersama GoTo' di Ciputra Artpreneur, Sabtu (29/10).

Adapun hingga minggu kedua Oktober 2022 ini progres fisik mega proyek Kereta Cepat Jakarta-Bandung in sudah mencapai 79,51 persen dengan progres investasi sudah mencapai 90,6 persen. Sehingga diharapkan pada 30 Juni 2023, proyek in sudah selesai dan sudah bisa beroperasi.

Sumber: kumparan.com

Posting Komentar untuk "Batal Tinjau Langsung, Jokowi-Xi Jinping Akan Pantau Uji Dinamis KCJB Via Online"