Wajar Jokowi jadi King Maker Pilpres 2024, Pengamat: Buat Amankan Proyek IKN

jokowi dan lima ketum di markas PAN

Pengamat Politik Adi Prayinto menilai wajar jika Presiden Joko Widodo (Jokowi) menjadi king maker para Pilpres 2024. Sebab, Jokowi harus mengamankan legecy politik yang telah dia bangun selama 2 periode menjabat sebagai presiden.

"Wajar Jokowi itu terlihat mempersiapkan siapa kira-kira suksesor di 2024 yang menjadi pemimpin pasca Jokowi sudah tidak lagi jadi presiden," kata Adi, saat dihubungi merdeka.com, Sabtu (8/4).

"Karena Jokowi ingin memastikan satu hal bahwa semua legacy politik yang sudah dilakukan itu bisa dilanjutkan oleh pemenang nanti, terutama pemenang yang saat ini sedang di endorse dan dipersiapkan oleh Jokowi," sambungnya.

Diketahui, saat ini Jokowi terkesan mendukung atau mengendorse beberapa tokoh diantaranya Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo dan Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto.

Menurut Adi, langkah Jokowi mempersiapkan sosok pemimpin selanjutnya tak lain juga untuk melanjutkan proyek-proyek yang telah dibangun pada masa pemerintahannya.

Terutama proyek pembangunan Ibu Kota Negara baru (IKN).

"Tentu saja Jokowi punya kepentingan bahwa proyek-proyek mercusuar yang saat ini sedang tinggal landas, baru tahap permulaan seperti IKN misalnya perlu sosok yang bisa menjamin untuk melanjutkan, bahwa IKN itu nanti dilanjutkan," paparnya.

"Hal itu yang bisa menjelaskan Jokowi itu terlihat mempersiapkan, terlihat jadi king maker soal siapa yang harus menjadi presiden di 2024," imbuh Adi.

Sumber: merdeka.com

Posting Komentar untuk "Wajar Jokowi jadi King Maker Pilpres 2024, Pengamat: Buat Amankan Proyek IKN"